Sabtu, 06 Agustus 2011

Pilih OVERSIZE atau Ganti LINER?

Mesin nih...

yang ada didalem silinder tuh ini..




kalo liner... yang ini nih... punyanya Mitsubishi 4D55


Ini nih yang namanya Piston dan setangnya (con-rod)
 

Silinder, adalah salah satu bagian mesin yang bergesekan, maka tidak jarang ada goresan, atau aus. Nah, ada dua cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

1. Oversize

2. Ganti Liner

Oversize awal biasanya 0.25mm. dan seterusnya kelipatan 0.25mm



Mana yang terbaik???
Yuk kita telusuri...
ada yang bilang oversize lebih murah karena cukup dengan mengganti ring piston. Bener nggak sih???
Bila dihitung dengan cermat, ganti liner lebih menguntungkan secara jangka panjang.


Ganti Liner:

1. Tidak harus turun mesin, hanya melakukan Top Overhaul.

2. Lebih cepat. Waktu penggantian liner tidak sampai 1 hari, ditambah waktu bongkar dan antrian di bengkel ya.. anggap lah 2 hari.

3. kalau yang rusak hanya 1 silinder, maka penggantian hanya pada bagian yang rusak saja, tidak perlu ganti semuanya walaupun lebih baik ganti semuanya.

4. Kualitas dan ukuran liner kembali ke ukuran standard, tidak ada perubahan karakteristik mesin.

5. Kalau piston masih bagus, tidak perlu diganti.

6. Ongkos bengkel plus komponen sekitar Rp5juta. (tergantung merek dan tipe mesin)

7. Mesin tetap mendapat perlindungan yang baik.

8. Bisa dikerjakan ditempat (bengkel resmi)


OVERSIZE:


1. Harus turun mesin.

2. Perkiraan waktu sekitar 5 - 7 hari. Untuk kendaraan niaga, semakin lama mandek, maka semakin banyak kesempatan mendapat penghasilan yang hilang.

3. Harus dibubut pada semua silinder.

4. kapasitas mesin bertambah, identik dengan semakin boros solar.

5. Walau piston masih bagus, harus diganti karena diameter boring lebih besar.

6. Harus dibawa ke bengkel bubut.

7. Biaya turun mesin sekitar Rp 2juta. Bubut sekitar Rp800ribu., komponen (piston, ring, gasket) sekitar Rp 3juta. Totalnya... Rp 5.8juta (tergantung merek dan tipe).

8. Mesin cepat panas karena dinding silinder menjadi lebih tipis.


Dengan mengganti liner, waktu lebih singkat maka kendaraan bisa lebih cepat bisa dikaryakan kembali.
Dari segi daya tahan, ganti liner lebih tahan lama karena celah silinder dengan piston kembali ke kondisi standard.
Ada pendapat oversize lebih murah karena tidak perlu mengganti piston, hanya perlu ganti ring. Wah.. SESAT.. SESAT..
Bukan Smart Solution tapi Sesat Solution... hahahaha....


karena Anda akan terus dihantui oleh mesin yang merong-rong.

oh.. ttiiiidddaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.....

Kalau oversize hanya ganti ring saja, maka celah silinder dengan piston bertambah besar, maka jangan heran kalau mesin bunyi kasar karena adanya Piston Slap. lalu, potensi kompresi bocor juga semakin tinggi.
Liner yang tipis karena dioversize, daya tahannya akan berkurang.


Semoga bermanfaat...